Jauharotut Tauhid

Pendahuluan

 Sesuai dengan namanya, Jauharatut Tauhid ( Mutiara Tauhid ) merupakan tulisan tentang Tauhid yang sangat indah kandungan ilmunya dan susunan bahasanya. Karya ilmiah sekaligus karya seni ini dihasilkan oleh seorang ulama yang lebih dikenal sebagai ahli Hadits yaitu Syekh Burhanuddin Ibrahim Al Laqqani dari Mesir.

Tulisan berupa rangkaian syair yang dibuat pada abad ketujuhbelas tersebut menarik para ulama untuk memujinya dan membuatkan ulasannya. Di antaranya adalah Syekh Ibrahim Al Bajuri yang mengulasnya pada sekitar tahun 1819 . Ulasan tersebut beliau beri nama dengan Tuhfatul Murid ( Bingkisan untuk Pecinta Tauhid ). Syekh        Al Bajuri ini kemudian tercatat sebagai guru besar Universitas Al Azhar Kairo pada tahun 1846. Sepanjang hidupnya beliau telah menghasilkan tidak kurang dari dua puluh tulisan mengenai berbagai macam ilmu. Beliau wafat pada tahun 1846 dalam usianya yang ke-76.

Jauharatut Tauhid dan ulasannya, Tuhfatul Murid, kini menjadi tulisan klasik yang terlalu indah untuk dilewatkan. Daripadanya, Anda akan menerima “bingkisan” berisi mutiara-mutiara ilmu. Bagi Anda yang ingin menelaahnya yang terkendala oleh bahasa Arab, barangkali terjemah ini bisa berguna. Namun, tidak semua bagian dari Jauharatut Tauhid yang saya terjemahkan. Hanya bagian-bagian yang lebih penting di antara bagian-bagian penting lainnya yang saya terjemahkan.

Bila ada kekurangan dalam tulisan ini, maka dapat dipastikan bahwa hal itu karena kealpaan saya selaku penerjemah. Maka dari itu, penghargaan terbaik sesudah sambutan yang hangat terhadap tulisan ini adalah kritik. Saya kutip saja apa yang dikatakan oleh salah seorang penyair :

وما سمى الانسان الا لنسيانه       ولاالقـلب الا أنه يـتقلب

Bukan manusia kalau tidak pernah lupa dan bukan hati kalau tidak pernah bimbang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: