Muslim Kanada Merayakan “Idul Milad un Nabi” di Masjid Baru

Begitu maraknya peringatan Maulid Nabi di Kanada, sehingga masyarakat muslim di sana memiliki istilah lokal tersendiri untuk Maulid Nabi, yakni “Idul Milad un Nabi”.

Ada yang baru pada peringatan Maulid Nabi kali ini di Kanada. Muslim Calgary, Kanada, tengah bersiap-siap mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H di masjid baru kawasan pusat kota Kanada.

Pada acara soft launching masjid bernama “Al-Madinah Calgary Islamic Centre” yang dirancang sebagai pusat kajian Islam, Jum’at (20/1), keharmonisan begitu terasa. Turut hadir pada acara tersebut beberapa warga non-muslim Kanada. Mereka yang diundang secara khusus oleh panitia berbaur mengucapkan selamat kepada umat Islam pada acara yang diakhiri dengan doa dan makan siang bersama.

Pendiri Islamic Supreme Council of Canada (ISCC), yang juga dudi dalam panitia pembangunan Al-Madinah Calgary Islamic Centre, Iman Syed Soharwardy, mengatakan, grand launching pusat kegiatan Islam yang berlokasi di 421 Ave Riverfront ini akan berlangsung pada 27 Januari mendatang. Acara ini dibarengi dengan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H.

“Kami sangat bersyukur bisa meresmikan pusat kegiatan Islam terbesar di Kanada pada momen besejarah, hari kelahiran Nabi SAW. Dan perjuangan panjang kami selama beberapa waktu terakhir untuk memiliki tempat kegiatan dan ibadah di pusat kota tidak sia-sia,” kata Soharwardy, seperti dilansir AFP.

Bangunan seluas 3.000 meter persegi ini akan menjadi pusat aktivitas muslim Calgary Kanada. Selain sebagai tempat beribadah shalat lima waktu, masjid ini juga menjadi tempat melaksanakan shalat Jum’at, shalat pada hari raya Islam, dan perayaan hari-hari besar Islam lainnya. Berbagai kegiatan untuk anak-anak dan pemuda muslim, seperti kelas belajar Al-Qur’an, kajian Islam, program pemberdayaan muslimah, dialog antar-umat beragama, dan berbagai aktivitas sosial lainnya, juga akan digelar di Al-Madinah Calgary Islamic Centre.

Begitu maraknya peringatan Maulid Nabi di Kanada, sehingga masyarakat muslim di sana memiliki istilah lokal tersendiri untuk Maulid Nabi, yakni “Idul Milad un Nabi”.

Perayaan Idul Milad un Nabi kali ini akan dilaksanakan selama lebih dari tiga bulan, mulai 24 Januari sampai 6 Mei. Di Kanada, berbagai organisasi Islam Kanada, juga beberapa perusahaan afiliasi masjid, mengadakan Idul Milad un Nabi.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang begitu besar ini…. Di Kanada, mulai akhir pekan ini, kami akan mengadakan secara serempak Idul Milad un Nabi,” kata Soharwardy.

Sumber Berita :  Alkisah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: