Kyai Munif, Sosok Ulama Yang Bersahaja

Kyai Munif Djazuli, salah seorang pengasuh Ponpes Al-Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Beliau merupakan putra ke lima dari pasangan KH Djazuli Utsman dan Ibu Nyai Rodliyah Djazuli.

Sungguh beliau merupakan suri tauladan yang baik, kedalaman ilmu yang di wariskan oleh ayahandanya begitu nampak dari kehidupan sehari – harinya. Meskipun sudah lama sakit, sebelum masuk rumah sakit, tetapi Kyai Munif tidak pernah bilang kepada siapa-siapa. Termasuk pak Imam utomo, ketika menjadi Gubernur Jawa Timur pernah ditolak membawakan dokter.

Selama sakit, Kyai Munif hanya senyum dan tidak pernah mengeluhkan sakit yang beliau derita. “Artinya sakit itu dimaknai sebagai kehendak Allah dan diterima dengan iklas, secara haliah, tidak langsung mendidik kepada kita apapun yang diberikan Allah diterima dengan iklas.

Kyai Munif dikenal memiliki keseriusan dalam melakukan syiar agama, salah satunya dalam membesarkan Pesantren Queen Al Falah. Santri dididik kesederhanaan dan keikhlasan di dalam hatinya, dimana nantinya akan menimbulkan keberanian untuk hidup, kepercayaan kepada diri sendiri, serta kejujuran. Sifat-sifat ini sangat diperlukan dan dihargai oleh masyarakat.

Kyai Munif merupakan sosok yang low profile. Walaupun seorang ulama, tetapi tidak memperlihatkannya. Namun, jaringannya sangat luas serta sebagai tempat bertanya terhadap semua masalah. mulai masalah rumah tangga hingga masalah kepemimpinan dan masa depan

Sebelum beliau wafat pada senin malam 30/01/2012 beliau menderita penyakit komplikasi, Kyai Munif sempat mengalami penyakit diabetes, sejak 17 tahun silam. Tetapi, turunan kelima KH Djazuli Utsman itu tidak pernah mau dibawa ke dokter. Termasuk ketika, Imam Utomo dan Gubernur Jatim Soekarwo membawakan dokter, selalu ditolaknya.

Sejak kabar wafatnya Kyai Munif tersebut beredar di jejaring sosial Facebook dan diantara para santri, puluhan ribu alumni dan kerabat, berbondong-bondong datang baik secara sendiri-sendiri maupun rombongan ke Ponpes Al Falah Ploso.

Selain dari alumni, santri, warga masyarakat, murid pengajian tamu yang melayat juga tampak dari kalangan Pejabat, pengusaha dan para ulama jawa timur serta pengurus besar Nahdlatul Ulama. Polisi dari Polresta Kediri tampak menjaga ketat lokasi.

Sejak jenazah tiba di pondok pada pukul tiga dinihari, gelombang sholat jenazah pun tak putusnya digelar untuk mendoakan almarhum sampai ba’da dzuhur.

Bahkan pada saat pemakaman karena banyaknya orang yang ingin membawa keranda jenazah, maka keranda tersebut seolah sedang berjalan dari tangan ke tangan ribuan orang yang berbaris untuk mengantarkan pemakaman Kyai Munif.

Beliau di makamkan di area Pondok Pesantren Queen Al Falah pada selasa 31/01/2012 pukul 13.00 WIB.

Semoga amal ibadah Kyai  Munif  Djazuli , diterima di sisi Allah SWT Lahul Fatihah…..

Foto – foto prosesi pemakaman Kyai Munif Djazuli

Post By : (AY)

4 Tanggapan

  1. Ma’af mas sya Mo mnta Fhoto2 nya bt di dokumentasikan..mks,.

  2. Monggo silahkan di ambil apapun yg ada di situs ini. Masih banyak dokumen yg lain seperti dawuh2 dari para masyayikh. buka aja disini >>> https://islamtradisionalis.wordpress.com/download/

  3. Siip..Mks,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: