Jumlah Muslim di Inggris Naik Jadi 5,5 Juta Orang

Jumlah masyarakat Muslim Inggris meningkat dua kali lipat menjadi 5,5 juta, berarti hampir satu dari sepuluh orang Inggris akan menjadi Muslim pada 2030.

Dalam 20 tahun diproyeksikan umat Muslim mencapai seperempat dari penduduk dunia 8.3 miliar, demikian dilaporkan media Inggris Daily Mail, Jumat yang menyebutkan bahwa 72 negara memiliki penduduk yang beragama Islam satu juta.

Menurut laporan yang ditulis Steve Doughty, di koran terkemuka di Inggris menyebutkan Muslim di Inggris jumlahnya lebih dari umat Muslim di Kuwait pada tahun 2030.

Populasi Muslim di Inggris hampir dua kali lipat mencapai 5.5 juta dalam waktu 20 tahun itu karena adanya Imigrasi dan tingkat kelahiran yang tinggi.

Berdasarkan penelitian tentang penyebaran Islam di seluruh dunia disebutkan bahwa hal ini berarti hampir satu dari sepuluh orang Inggris akan menjadi Muslim pada 2030.

Diperkiraan rata-rata penduduk muslim di Inggris lebih banyak ketimbang umat Muslim di Kuwait, demikian laporan yang muncul di tengah perdebatan atas pandangan Muslim di Inggris dan sikap terhadap mereka.

Dari tahun 1990 hingga 2010, jumlah pemeluk agama Islam di seluruh dunia meningkat pada tingkat rata-rata 2,2 persen per tahun. Tahun lalu tercatat sebanyak 1,57 miliar umat Muslim di seluruh dunia.

Menurut penelitihan yang dilakukan oleh para cendikiawan di Washington meningkatnya populasi umat Muslim di Inggris dari 2,8 juta terutama didorong oleh imigrasi.

Proyeksi yang disampaikan oleh pusat riset Pew Research Centre menyebutkan selama 40 tahun antara 1990 dan 2030, jumlah umat Muslim peningkatan lima kali lipat di Inggris.

Pada tahun 1990 di Inggris hanya terdapat 1.1 juta umat Muslim yang merupakan hanya dua persen dari populasi.

Penelitian yang dilakukan Pew itu menyebutkan pada tahun lalu umat Muslim meningkat empat persen menjadi 2,8 juta dan pada tahun 2030 jumlah melonjak mencapai 5,5 juta delapan persen dari populasi yang diperkirakan 68 juta .

Sementara di Amerika Serikat jumlah umat Islam juga terjadi peningkatan berlipat ganda pada 2030, mencapai 6,2 juta dibandingkan tahun ini yang hanya 2, 6 juta.

Namun persentase Muslim akan tetap lebih rendah dari Inggris karena jumlah penduduk AS lima kali lipat yaitu sekitar 300 juta saat ini. Mei lalu, angka resmi menunjukkan jumlah penduduk Inggris tercatat 70 juta di tahun 2009 – sebagian besar didorong oleh boom migran.

Sebagai perbandingan, pada tahun yang sama di negara Arab Kuwait diperkirakan terdapat 3.6 juta penduduk Muslim.

Laporan itu mengatakan satu dari empat migran ke Inggris adalah Muslim. “Kenaikan terbesar dalam pangsa Muslim penduduk – terutama didorong oleh migrasi lanjutan – yang mungkin terjadi di Barat dan Eropa Utara, di mana umat Islam akan mendekati dua digit persentase penduduk di beberapa negara,” katanya.

Inggris telah lama memiliki tingkat imigrasi yang tinggi dari beberapa negara Muslim, terutama Pakistan dan Bangladesh, dan dalam beberapa tahun terakhir telah melihat tingginya jumlah pendatang dari bagian Islam Afrika.

Laporan Pew juga menyebutkan angka kelahiran tinggi. Dikatakan bahwa secara umum, populasi Muslim cenderung memiliki tingkat kesuburan lebih tinggi daripada populasi non-Muslim `.

Disebutkan dalam laporan itu sebagian besar dari populasi Muslim berusia antara 15 dan 29. Meningkatkan kesehatan dan kondisi ekonomi di negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim menyebabkan penurunan lebih besar dari rata-rata angka kematian bayi dan anak, dan harapan hidup meningkat lebih cepat di negara-negara mayoritas Muslim daripada di negara-negara berkembang lainnya.

Jumlah Muslim di AS diperkirakan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan menjadi 6.2 miliar dibandingkan saat ini yang hanya 2.6 juta.

Penelitian ini menggunakan perubahan populasi terakhir, angka migrasi dan tingkat kesuburan untuk memperkirakan perubahan populasi Islam.

Pada tahun 2030 Muslim meningkat 26 persen dari populasi dunia yang diproyeksi sejumlah 8.3 miliar naik dari 23 persen dari populasi dunia 2010 diperkirakan 6.9 miliar, katanya. Angka-angka tersebut merupakan peningkatan dari 1.6 miliar pada tahun 2010 menjadi 2.2 miliar pada tahun 2030, atau naik 35 persen.

Analisis dilakukan di tengah perdebatkan selama pandangan Muslim di Inggris dan sikap terhadap mereka. Penelitian didasarkan pada tren demografi masa lalu dan estimasi pada apa yang akan terjadi selama 20 tahun ke depan.

Minggu lalu Ketua Partai Tory Baroness Warsi mengatakan prasangka terhadap Muslim dilihat sebagai normal dan menyerukan warga untuk berhenti mengelompokkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: