Mode Islami

Dalam hadits dikatakan “ Barang siapa meniru suatu kaum maka ia termasuk golongannya “.

Pertanyaan :

  1. Shohih atau dloifkah hadits tersbut ?
  2. Bagaimana hukumnya bagi tokoh-tokoh islam ( politikus dll ) yang berpakaian ala barat, kenapa tidak memakai gaya arab yang notabenenya asal agama islam ?

Jawaban :

  1. Para Ulama menanggapi hadits tersebut berbeda pendapat ada yang mengatakan hadits hasan dan ada yang menggolongkan  hadits dloif tapi dikuatkan dengan hadits-hadits lain yang semakna .
  2. Memakai dasi, jas dan sebagainya pernah dibahas dalam muktamar kedua tanggal 09 Oktober 1927 keputusannya makruh jika tidak ada niatan menyerupai orang kafir dan haram jika ada niatan demikian, keputusan itu didasari atas pertimbangan bahwa dasi dsb identik dengan pakaian orang kafir. Tapi karena kondisi sosial saat ini berubah sehingga tidak ada lagi kesan dasi identik dengan orang kafir ( karena sangat banyaknya orang islam memakainya ) maka hukumnya boleh ( tidak makruh ).Terlepas dari hukum boleh atau tidak memang sebaiknya kita memakai pakaian yang bernuansa islami untuk menunjukan bahwa kita memiliki budaya yang lebih sopan.

وعبارته :

( مسألة ي )    حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزي الكفار أنه إما أن يتزي بزيهم ميلا إلي دينهم وقاصدا التشبه بـهم في شعائر  الكفار أو يمشي معهم إلي متعبداتـهم فيكفر بذلك وإما أن لا يقصد بذلك بل يقصد التشبه بـهم في شعائر العيد أو التوصل إلي معاملة جائزة معهم فيأثم وإما أن يتفق له من غير قصد فيكره إهـ      .

( بغية المسترشدين ص 248 )

وقد ضبط إبن دقيق ما يحرم التشبه بـهن فيه بأنه ما كان مخصوصا بـهن في جنسه وهيئته وغالبا في زيهـن وهكذا يقال في عكسه اهـ .

( الشرواني ج 3 ص 26 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: